Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing

Why Abraham's Seed?

Blog ini diberi nama Abraham's Seed "Karena jika kita adalah milik Kristus kita juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah." (Gal 3:29)

This blog is named with Abraham's Seed because "If you belong to Christ, then you are Abraham's seed, and heirs according to the promise." (Gal 3:29)
Read full story

Tuesday, October 21, 2008

Hidup Bebas Untuk Mengampuni

Apakah tanda-tanda akhir jaman ?

 

Matius 24:6-8 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

 

Apa tanda-tanda akhir jaman? Orang berkata gempa bumi, kelaparan, perang. Ini bukan kesudahannya, tetapi hanya tanda awalnya. Jadi apa tanda-tanda akhir jaman yang sebenarnya? Ayat 9-10, "Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku. Dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci." Kata ‘banyak’ ini bicara mengenai mayoritas bukan minoritas. Ayat 11-12, "Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin." Atau dalam Amplified bible dikatakan, "Many will be offended and repelled."

 

Pada akhir jaman, kondisi rohani gereja Tuhan banyak orang yang menjadi tersinggung, kecewa. Problem orang Kristen di gereja adalah tidak tahu bagaimana meresponi tersinggung, kecewa. Gereja tidak dapat menjadi tentaranya Allah jika gereja Tuhan sakit karena tersinggung, kecewa..

 

Kata tersinggung dalam bahasa Inggrisnya "offense" berasal dari bahasa Yunani, Skandalon yaitu bagian dari perangkap binatang dimana umpan ditaruh untuk menarik binatang masuk umpan itu. Umpan yang ditaruh setan seperti ikan asin yang diletakkan di tempat atas dari perangkap itu, si tikus akan mencari-cari bau itu dan tanpa disadari dia masuk ke perangkap itu. Sama seperti cara kerja setan. Tidak ada orang kecewa itu tiba-tiba/secara mendadak. Setan akan cari kesempatan apapun juga untuk membuat Anda tersinggung dan kecewa. Oleh sebab itu "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan." (Amsal 4:23). "Offense" juga bekerja seperti racun. Kalau Anda kecewa, tanpa Anda sadari Anda sudah minum racun setan. Itu akan meracuni kehidupan rohani Anda bahkan akan menghalangi rohani Anda bertumbuh dewasa. Anda hanya bisa masuk surga jika Anda hidup saling mengasihi. Ini adalah Perintah yang Terutama (The Great Commandment).

 

Apa arti kata "Repelled"? Repelled itu seperti Autan (cream anti nyamuk), dimana pada waktu Autan dioleskan pada kulit Anda membuat nyamuk yang akan menggigit Anda akan terpeleset. Demikian juga dengan kekecewaan di dalam kehidupan Anda, membuat Firman Tuhan yang seharusnya Anda percaya dan taati langsung mental sehingga Anda menjadi tersandung. Sebab kalau Anda bisa dibuat tersandung, Anda bisa dibuat tidak taat dan tidak setia pada Tuhan.

 

Banyak gereja saat ini menganggap bahwa kecewa, tersinggung adalah dosa kecil dan dosa besar adalah berzinah. Tidak ada orang berzinah tanpa dimulai dari sesuatu yang tidak kelihatan, yaitu kekecewaan. The little foxes destroyed the vines (rubah-rubah kecil, yang merusak kebun-kebun anggur – Kidung Agung 2:15). Setan pakai senjata ini yaitu kekecewaan sebagai umpan untuk menghancurkan anak Tuhan. Setan tidak akan berhenti bekerja sampai Gereja Tuhan mati dan tidak ada kuasanya. Jadi apakah kecewa dosa kecil? Sama sekali TIDAK!

Bagaimana meresponi kekecewaan ?

Daud adalah orang yang sangat luar biasa. Dia tidak mau buang-buang waktu minum racun setan. Daud memilih bergaul dengan TUHAN. Ayahnya hanya mengajak kakak-kakaknya untuk datang ke pesta dan diurapi oleh Samuel, sedangkan Daud tidak diajak. Dia tidak kepahitan karena Daud memilih untuk cepat mengampuni. "You cannot be a champion until you freely forgive. Champion for Christ are champion in forgiving." (Anda tidak dapat menjadi seorang pemenang sampai Anda bebas untuk mengampuni. Pemenang dalam Kristus adalah pemenang dalam mengampuni.)

Amsal 17:9 "Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkitkan perkara, menceraikan sahabat yang karib."

 

Jika Anda kecewa, tersinggung dengan seseorang dan menceritakan pada orang lain terus-menerus, maka Anda tidak berjalan dengan kasih. Kasih berjalan dengan iman dan seseorang yang tidak memiliki kasih Allah tidak bisa berjalan dengan iman. Oleh sebab itu, di Markus 11:25-26, "Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu. (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.)" Jika Anda ampuni orang itu, bukan berarti apa yang dia lakukan itu benar tetapi jika Anda ampuni seseorang, itu luka mulai mengering. Dan jangan dibicarakan lagi, hal itu akan membuat lukanya terbuka lagi.

Matius 5:9, "Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah." Bahasa Inggrisnya, "Blessed are those who are the peacemaker for they are sons of God." Kata ‘sons’ (anak-anak) dalam bahasa Yunaninya ada dua, yaitu Teknon dan Huios. Teknon artinya bayi dari anak orang lain. Huios artinya anak yang sudah memiliki karakter papanya. Kata ‘sons’ yang digunakan pada Matius 5:9 adalah ‘Huios.’ Dengan kata lain, jika Anda Kristen yang cepat mengampuni, Anda adalah Kristen yang cepat bertumbuh kedewasaannya, yang karakternya seperti Bapa di surga.

 

Bagaimana Anda menjadi orang Kristen dewasa? Anda harus cepat mengampuni. Orang Kristen dewasa bebas untuk mengampuni. Kalau Anda berdasar pada kasih Allah, Anda tidak punya masalah dalam mengampuni. Untuk mengampuni itu suatu keputusan bukan perasaan. Dua penyebab orang mudah kecewa, tersinggung adalah Egois dan tidak aman.

1 Petrus 4:8, "Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa."

 

Sungguh-sungguh artinya deliberate (dengan sengaja), intentional (secara terus-menerus), on purpose (disengaja). Sesuatu yang sungguh-sungguh butuh waktu untuk dikerjakan. Untuk mengasihi sesama, Anda harus bekerja keras, ini tidak terjadi secara instant. Harus dengan disengaja dan memilih untuk mengasihi.

 

Anda sudah ampuni orang yang menyakiti Anda tetapi perasaan Anda masih sakit ?

Yeremia 8:22, "Tidak adakah balsam di Gilead? Tidak adakah tabib di sana? Mengapakah belum datang juga kesembuhan luka puteri bangsaku?"

 

Yesus, Dialah "The Oil of Gilead", Dialah "The Healing Balsam of Gilead." Jangan minum racun setan kekecewaan. Cepat untuk mengampuni dan lakukan yang benar. Kalau Anda tahu kecewa adalah racun setan maka pilihlah untuk tidak kecewa. Karena jika Anda memilih untuk kecewa, Anda minum racun setan dan memberi ijin pada setan untuk menyiksa Anda. Jika kita sudah minta maaf tetapi orangnya tetap melakukan yang sama, tetap memilih untuk mengampuni orang tersebut karena itu yang benar.

Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah. Filipi 1: 9-11

By Indri M. Gautama

No comments:

Your Opinion

Nama:
Alamat Email:
Pendapat Anda tentang blog ini:

create form
lowongan kerja di rumah